SDA - Desa Kotes Gandusari Blitar

Desa Kotes Gandusari Blitar

Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe

test banner

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 09 Februari 2018

SDA

Secara umum, potensi Desa Kotes yang terbesar adalah bidang pertanian. Desa Kotes memiliki potensi alam berupa pohon rambutan, pisang, dan kelapa. Mayoritas setiap kepala keluarga di Desa Kotes memiliki pohon rambutan, pisang, dan kelapa. Sedangkan nangka, pepaya, dan durian tidak begitu melimpah, namun pohon tersebut relatif banyak diperoleh di sekitar Desa Kotes meskipun bukan menjadi komoditas utama.
Keadaan Umum Perekonomian
Berdasarkan data yang diperoleh dari sekretariat Desa Kotes, maka dapat diketahui bahwa tingkat perekonomian Desa Kotes dapat dikatakan  dalam kategori menengah dengan prosentase sebagai berikut ini.
d
Tabel Data Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Kotes
Kategori
Dusun
Kotes
Semanding
Jumlah
RT Kaya
48
30
78
RT Sedang
195
105
300
RT Miskin
117
105
222
Total
600
Gambar Prosentase Data Sosial Masyarakat Desa Kotes
Pertanian
Komoditas pertanian yang dapat dijumpai di Desa Kotes antara lain adalah padi, palawija, terong, dan kacang-kacangan. Namun, komoditas utama pertanian Desa Kotes adalah Padi
Perikanan
Lahan perikanan di Desa Kotes memiliki luas 3 Ha. Perikanan di Desa Kotes yang sedang digiatkan adalah ternak ikan Koi.
Perkebunan
Hasil komoditi perkebunan yang paling menonjol di Desa Kotes adalah kelapa dan rambutan, di mana tanaman ini sebagian besar dibudidayakan di pekarangan rumah warga. Hasil perkebunan kelapa yang melimpah ini membuat kelapa menjadi komoditi yang cukup menjanjikan apabila diolah lebih lanjut, misalnya menjadi VCO (Virgin Coconut Oil) yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Namun, program kerja yang disusun oleh tim KKN Desa Kotes dalam upaya pemanfaatan kelapa ini adalah lebih mengarah pada pemanfaatan sabut kelapa untuk pembuatan pupuk cair dan media tanam hidroponik yang relatif lebih mudah dilakukan oleh masyarakat Desa Kotes.
e
Gambar pohon kelapa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here